Kemenag Buka Pendaftaran Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat untuk PTKI

Kemenag Buka Pendaftaran Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat untuk PTKI - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) membuka pendaftaran bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat (Litapdimas) untuk tahun anggaran 2020. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 25 Juni hingga 16 Agustus 2019 melalui layanan online pada portal www.litapdimas.ng. atau KLIK DISINI

Kemenag Buka Pendaftaran Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat untuk PTKI
Kemenag Buka Pendaftaran Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat untuk PTKI

Informasi ini disampaikan Direktur Diktis Arskal Salim, di Jakarta. Arskal, menyebutkan bahwa bantuan ini meliputi  tiga hal besar, yakni penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian masyarakat. Menurut Arskal, ketiga bidang ini merupakan ruh dari penyelenggaraan pendidikan tinggi keagamaan Islam di Indonesia.

Arskal menyampaikan tema dan orientasi bantuan penelitian, dasarnya adalah Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6994 Tahun 2018 Tentang Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN) 2018 – 2028.

“Arkan ini merupakan pengejawantahan dari Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) Tahun 2017-2045, khususnya yang terkait dengan sosial humaniora di bidang keagamaan," ungkap Arskal Salim.
Selengkapnya terkait Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2018 KLIK DISINI

Menurutnya, untuk tahun 2018 hingga 2028 ini ARKAN diarahkan untuk mencapai visi menjadikan Indonesia sebagai pusat destinasi studi Islam dan pluralisme yang unggul di dunia dengan mengintegrasikan berbagai aspek keilmuan baik agama maupun sains yang mengikuti kemajuan global. 

“Selain itu, kita juga patut bersyukur bahwa jurnal di bidang sosial humaniora melalui  akreditas Sinta cenderung lebih didominasi oleh jurnal-jurnal yang dikelola oleh PTKI,” ungkap mantan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Jakarta itu.

Arskal menambahkan saat ini jika dilihat dalam portal moraref.kemenag.go.id, jurnal tentang kajian keislaman telah mencapai 1.180 jurnal dengan 32.499 artikel. "Selain itu, terdapat 37.084 penulis yang telah berkontribusi secara nyata dalam pengembangan kajian keislaman di Indonesia melalui jurnal PTKI," ungkapnya.

Arskal menuturkan, keputusan penerima bantuan Litapdimas diharapkan dapat ditetapkan pada akhir September 2019. Petunjuk Teknis Bantuan ini didasarkan atas Surat Keputusan Direktur Jenderal Nomor 3130 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Program Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2020. Untuk juknis bantuan dimaksud dapat diunduh melalui www.diktis.kemenag.go.id.

Selengkapnya KLIK DISINI

Untuk itu, menurut Suwendi, direncanakan mulai proses submit proposal, penilaian dan keputusan penerima bantuan 2020 akan berlangsung di tahun 2019. “Moga-moga di akhir September 2019 sudah bisa ditentukan siapa saja penerima bantuan tahun 2020, tentunya setelah melalui tahapan dan proses sebagaimana yang diatur dalam peraturan yang berlaku.

0 Response to "Kemenag Buka Pendaftaran Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat untuk PTKI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel